Belajar bersama guru-guru hebat di Pondok Pesantren Insan Pratama - Ridwan Nurhadi

Breaking

Menulislah setiap hari dan lihatlah apa yang terjadi

Kamis, 11 Februari 2021

Belajar bersama guru-guru hebat di Pondok Pesantren Insan Pratama

 


        

    Alhamdulillah, saya berkesempatan untuk bersilaturahim kembali ke Pondok Pesantren Tahfizul Qur'an pimpinan Bapak Drs. H. ali Mukapi, M.Ag di Jalan Prahu Raya Sukamulya Tangerang. Awal masuk kedalam pondok sudah disambut gerbang kokoh yang menawan. Lingkungannya jauh dari keramaian meskipun dekat dengan pusat kota, tempat yang asyik untuk anak-anak menimba ilmu.

    Pelatihan dimulai tepat waktu dan dihadiri oleh para pimpinan dan dewan guru sekolah, dalam pelatihan ini kami tetap menggunakan protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak dan dilaksanakan di aula terbuka sehingga insyaalah VDJ (Ventilasi Durasi dan Jarak) serta 5 M tetap terlaksana dengan baik.



    Acara diawali dengan sambutan perwakilan dari Yayasan, sayangnya pimpinan pondok tidak hadir karena memang beliau sedang ada acara diluar kota, ada rasa kangen untuk bercengkrama dengan beliau karena obrolan beliau penuh dengan ilmu. 

    Setelah sambutan, dilanjutkan dengan tilawah yang merdu oleh salah ustadz pondok dan kemudian masuk kedalam materi pertama yakni Learninng Management System (LMS) atau Manajemen sistem pembelajaran. 


    Aplikasi LMS itu banyak sekali baik itu sinkronus (Zoom, Webex dll) atau asinkronus (Google Classroom, Edmodo, Quipper) serta Hybrid alias campuran keduanya yakni Ms. Teams. Sebelum pelatihan saya berdiskusi terlebih dahulu dengan bu Hasya, mau menggunakan yang mana. Pilihannnya jatuh kepada Google Classroom atau GC.


    Aplikasi GC sangat mudah dan familiar karena setiap pengguna HP android pasti memiliki akun Gmail yang secara otomatis dengan akun tersebut dapat mengakses fitur lainnya seperti Google drive, Classroom dan lain sebagainya.

    Pada materi ini langsung dipraktikan cara membuat kelas, mengirim materi pelajaran berupa video dan mengirimkan tes tulis di Classroom, Dengan praktik langsung para guru bukan sekedar mengerti materi namun juga mengaplikasikannya dalam kegiatan belajar mengajar kelak.

    Materi selanjutnya adalah membuat video pembelajaran, pada materi ini diperkenalkan alat-alat yang digunakan dalam pembuatan video beserta aplikasi video editing. Materi ini juga membahas permasalahan yang sering dihadapi guru saat membuat video pembelajaran seperti; kualitas gambar, kualitas suara, cara mengkompres ukuran video sampai dengan mengunggah video dan mengirimkan linknya pada siswa di Classroom.



    Meskipun pelatihan secara tatap muka telah selesai, namun para guru-guru dapat berdiskusi tentang materi melalui dunia maya sehingga dapat terus berbagi pengalaman antara satu guru dan guru lainnya. Silaturahim secara online terus berlanjut melalui Google Classroom.

    Pada blog ini izinkan saya mengumumkan salah satu peserta yang paling aktif untuk saya berikan hadiah berupa buku saya yang berjudul "Kisah Inspiratif Sang Guru". Guru yang beruntung tersebut adalah Ustadz Zumri Arifin, buku insyaallah akan segera saya kirim melalui pos ke alamat Insan Pratama.

Ustadz Zumri, pemenang buku "Kisah Inspiratif sang guru"

    Alhamdulillah, dapat berbagi pengalaman hari ini bersama guru-guru hebat di Pondok pesantren Insan Pratama. Semoga kegitan kita untuk terus mengupgrade diri untuk anak-anak didik kita dihitung sebagai amal kebaikan oleh Allah swt. Sampai berjumpa pada pertemuan selanjutnya.






1 komentar: