Baca ini ! Sebelum menerbitkan buku. - Ridwan Nurhadi

Breaking

Menulislah setiap hari dan lihatlah apa yang terjadi

Rabu, 30 Desember 2020

Baca ini ! Sebelum menerbitkan buku.

 



Pada artikel ini saya akan mengungkapkan pengalaman menerbitkan buku di jagad penerbitan, baik itu Indie atau Mayor, Kapten, Jendral dan lain sebagainya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin menerbitkan buku. Pengalaman yang saya tuliskan berdasarkan apa yang saya alami atau hasil investigasi saya kepada rekan penulis lainnya.

PENERBIT ANDI PUBLISHER
Penerbit ini adalah penerbit mayor jendral, besar sekali jaringan Andi Publisher. Buku saya yang diterbitkan Andi, hampir tersedia di semua jaringan toko buku Gramedia seluruh Indonesia. Buku saya yang pertama yang berjudul Cara Kaya dari Dunia Maya terjual seribu buku. Enaknya di penerbit Mayor ini, kita tak perlu mengelurkan modal awal, cukup menunggu buku kita lolos dari seleksi yang lumayan lama, hampir 3 bulan. Selanjutnya tanda tangan kontrak untuk mendapatkan royalti, biasanya 10 persen dari harga jual buku. Narahubungnya adalah pak Agus WA 08112936680.





PENERBIT YPTD
Penerbit ini dikelola oleh sebuah yayasan sosial yang memang diperuntukkan menulis buku. Jika buku anda lolos seleksi maka buku anda akan naik cetak lengkap dengan ISBN. Hanya saja penulis bertanggung jawab sendiri atas editing naskah, lay out sampai desain cover buku. Jadi anda memang harus dibantu oleh seorang teman yang berfungsi sebagai editor, lay outer dan desain cover. Atau minimal anda menguasai ketiga hal tersebut sendiri. Penerbit YPTD hanya membantu proses mendapatkan ISBN dan mencetak buku, selebihnya penulis yang menangani semuanya.

Beberapa rekan saya sudah menerbitkan buku disini, jika anda ingin coba tak ada salahnya. Untuk pemasaran buku, anda sebagai penulis yang bertanggung jawab. Info lengkap bisa membaca di web : terbitkanbukugratis.id.
Narahubung : 08159932627




PENERBIT PUSTAKA ILALANG DAN PENERBIT OASE
Mereka adalah penerbit indie, dalam artian anda harus merogoh kocek dulu sebelum menerbitkan buku. Biasanya ada 2 unsur biaya. Biaya yang pertama adalah paket pra penerbitan seperti; editing, lay out, ISBN dan desain cover dengan kisaran harga Rp. 500 ribu. Jika pra penerbitan sudah sukses, maka ada biaya lanjutan yakni biaya cetak. Untuk biaya cetak kisarannya tergantung jumlah halaman buku, kisaran 25 ribu - 65 ribu perbuku. Harga jual buku, anda sendiri yang menentukan. Untuk narahubungnya;
Pustaka Ilalang; 081330944498
Penerbit Oase : 089692593804





PENERBIT GEMALA
Penerbit ini paling murah, cukup dengan paket Rp. 200 ribu, anda sudah dapat cetak buku ber ISBN. Bagi anda penulis pemula dan ingin menerbitkan buku dengan biaya rendah tanpa ada biaya apapun maka penerbit ini jadi solusi. Apalagi bagi seorang PNS yang ingin naik pangkat dengan menulis buku. Setelah buku anda terbit, harga jual ditentukan oleh penerbit ya bukan oleh penulis. Karena selanjutnya buku tersebut akan menjadi milik penerbit dan keuntungan anda sudah ditetapkan 10 persen. Bagi anda yang ingin mencoba silahkan hubungi Gemala ; 082114564143


Itulah daftar penerbit yang pernah menjadi saksi perjalanan karya saya. Jadi penerbit mana yang akan anda pilih, silakan dipilih sesuai yang anda butuhkan.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau penambahan informasi. Tulis di kolom komentar ya.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar