Jenis-jenis Penulis, kita jenis apa? - Ridwan Nurhadi

Breaking

Menulislah setiap hari dan lihatlah apa yang terjadi

Rabu, 14 Oktober 2020

Jenis-jenis Penulis, kita jenis apa?

 



    Menerbitkan buku adalah sebuah prestasi, kepuasannya kadang melebih dari besarnya royalti. Melihat buku kita dipajang di etalase Gramedia atau toko buku besar menjadi sebuah kepuasan. Pertama kali buku saya diterbitkan oleh Andi Publisher dan dijual di toko buku Gramedia dan toko buku Gunung Agung, memandang buku tersebut di etalase toko buku saja sudah menjadi kebahagian tersendiri. Bahkan menemukan nama kita pada database perpustakaan nasional saja cukup membuat hati senang.

    Penulis itu ternyata ada levelnya begitu kata Tere Liye (Semoga tidak bosan ya saya meresume novelis yang satu itu). Level prestasi seorang penulis, lanjut Tere Liye itu ada tiga level jenis;

Jenis pertama, buku kita memberikan hiburan. Tak peduli apapun buku yang kita terbitkan, jika pembaca merasa terhibur maka kita sudah meraih prestasi penulis di level 1. Buku kita mampu membuat orang bahagia, tertawa atau menjadikan mereka para pembaca melupakan sejenak derita yang mereka alami. 

Jenis kedua, buku kita memberikan informasi. Misalnya dari buku yang kita buat itu menambah pengetahuan untuk para pembaca. Melalui buku "Cara Kaya dari Dunia Maya" mereka dapatkan informasi cara-cara berbisnis melalui internet dan lain sebagainya.

Jenis ketiga, buku kita memberikan inspirasi. Setelah para pembaca selesai membaca buku kita, mereka termotivasi untuk mempraktikkan. Misalnya setelah membaca buku "Tetaplah berkarya di tengah wabah" mereka terinspirasi untuk menghasilkan karya apapun itu, selama positif maka buku kita sudah menjadi inspirasi bagi mereka.

    Jenis-jenis tersebut bukan untuk mendiskriminasi karya para penulis sambung Tere Liye namun saat kita ingin membuat tulisan sebenarnya tujuan kita untuk apa?. Apakah untuk menghibur?, apakah untuk memberi informasi atau memberi inspirasi?. Atau malah ketiganya menghibur, memberi informasi dan menginspirasi. Selamat menulis teman teman semua. Salam literasi.


#Day9AISEIWritingChallenge




7 komentar:

  1. Saya termasuk calon penulis buku yang apa ya ...hehehe

    BalasHapus
  2. Ketiganya Anda miliki. Hebat.

    BalasHapus
  3. Klo pemula mah...
    Asal bisa nulis tiap hari aja
    😀

    BalasHapus
  4. Keren juga bisa ketiganya, menghibur, memberi informasi dan menginspirasi... Ditinggu bukunya Mas Ridwan nih... Hehehe

    BalasHapus
  5. Cara keren promosi buku nih... Btw itu hanger buruan kembaliin ya

    BalasHapus