Cara barbar nerbitin buku - Ridwan Nurhadi

Breaking

Menulislah setiap hari dan lihatlah apa yang terjadi

Senin, 19 Oktober 2020

Cara barbar nerbitin buku

     



    Pada masa Pandemi begini ajakan menulis buku antologi sedang menjadi tren. Penawaran kerja sama menulis buku antologi atau keroyokan banyak diumumkan terutama di grup kepenulisan online seperti facebook dan komunitas literasi layanan whats app grup.  Sebenarnya apa sih buku antologi itu? 

    Dari situs Wikipedia, secara harfiah antologi diturunkan dari kata bahasa  Yunani yang berarti karangan bunga atau kumpulan bunga. Maka bisa diartikan bahwa antologi adalah sebuah kumpulan dari karya-karya sastra. Antologi awalnya hanya berupa kumpulan puisi namun pada perkembangan selanjutnya, antologi bisa berupa kumpulan cerita pendek, novel, kisah-kisah nyata atau tulisan-tulisan inspirasi dan motivasi dari berbagai penulis dalam satu buku.

    Menulis bersama dalam satu buku secara bersama asyiknya adalah menjalin tali persahabatan di antara penulis, membuka peluang bagi penulis pemula yang bingung mau dikirim ke mana tulisannya. Sehingga penulis pemula terbantu dengan diterbitkan karyanya pada buku keroyokan tersebut. Bagi penulis pemula, kalau saja buku antologi perdana itu kurang laku di pasaran jangan pernah kecewa karena perjuangan dan pengorbanan tidak berhenti begitu saja. Pengalaman itu adalah guru yang sangat berharga untuk kita terus mengasah ketrampilan menulis kita hingga kelak kita dapat menerbitkan buku tunggal karya kita.


#Day13AISEIWritingChallenge

4 komentar:

  1. wah gambar e seperti cover yang akan menjadi buku dari teman nulis September Ceria pak. Jangan-jangan bapak sudah siap mengedar ya? bikin semangat lagi pak.

    BalasHapus