Tantanglah diri anda! - Ridwan Nurhadi

Breaking

Menulislah setiap hari dan lihatlah apa yang terjadi

Selasa, 13 Oktober 2020

Tantanglah diri anda!



Alhamdulillah akhirnya tantangan AISEI sudah masuk hari ke7, selamat ya kang Mul telah memenangkan undian. Terimakasih juga AISEI yang sudah memberikan semangat kepada para peserta. 'Reward' yang diberikan panitia ibarat minyak tanah yang menyiram bara api, semakin membuat semangat itu berkobar. Pujian sesama pesertapun akan menjadikan motivasi untuk terus menulis dan menulis terus. Mencari ide sampai diburu deadline harian menjadi keseruan dalam menulis.


Menantang diri untuk terus menulis setiap hari butuh komitmen tinggi. Pada pelatihan menulis  Tere Liye memberikan tugas pada peserta untuk menulis 100 hari penuh, bagi peserta yang menyelesaikan penuh 100 hari akan naik ke jenjang selanjutanya. Namun bagi peserta yang bolong-bolong maka harus mengulang dari hari pertama, diturunkan jenjangnya bahkan didiskualifikasi. Kejam ya? tapi memang untuk membangun kebiasaan kuncinya adalah 'terpaksa' atau 'dipaksa'.


Ibarat pepatah "First, you make your habits then our habits make you!" langkah awal adalah memaksakan diri untuk membentuk kebiasaan. Misalnya, paksa diri untuk menulis setiap malam, atau paksa diri untuk berolahraga setiap pagi. Lakukan rutin 100 hari jika ada hari yang terlewati anggaplah anda memulai dari nol kembali. Nanti kelak rutinitas itu menjadi kebiasaan yang secara otomatis menggerakan alam bawah sadar kita untuk melakukan hal yang sama setiap hari. Jadi bentuklah kebiasaan anda dan kemudian kebiasaanlah yang akan membentuk anda.



Day8AISEIWritingChallenge





  

12 komentar: