Catatan Pembatik 2020 - Ridwan Nurhadi

Breaking

Menulislah setiap hari dan lihatlah apa yang terjadi

Kamis, 17 September 2020

Catatan Pembatik 2020


Jaman sudah berkembang begitu cepat. Kurikulum sudah berganti menyesuaikan tuntutan jaman. Materi belajar dan sarana belajar menjadi begitu beragam dengan milyaran pilihan. Seorang Ali Bin Abi Thalib yang begitu masyur itu pun menitipkan pesan agar saat mendidik anak kita harus mendidik anak-anak itu sesuai jamannya, karena mereka memang tidak hidup di jaman kita. Konteks yang dimaksud oleh Ali bin Abi Thalib ini mungkin lebih ke konsep mendidik keimanan anak. Tapi rasanya cukup masuk juga untuk konteks pembelajaran secara umum.

Apalagi yang diajar ini adalah para generasi Z,generasi Alpha, yang baru lahir aja udah langsung kenal gadget masih balita udah dikenalin medsos, meningkat remaja keranjingan game online. Pokoknya smartphone dan kuota menjadi kebutuhan pokok diera informatika ini.

Dalam rangka belajar itulah saya memutuskan untuk ikutan kegiatan PembaTIK yang diadakan oleh Pustekom Kemendikbud. Judulnya yang benama PembaTIK ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan seni batik membatik yaa.. Meskipun pada awalnya karena disuruh bu Pur Indratmi pengawas dinas Pendidikan 


PembaTIK itu singkatan dari pembelajaran berbasis TIK-Teknologi dan informatika. Kegiatan PembaTIK ini diselanggarakan tiap tahun. Pesertanya bisa guru PNS maupun Non PNS dari berbagai jenjang pendidikan , mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMK maupun SMA. Pada tahun 2020 ini, ada sekitar 2.000 guru di Propinsi Jawa Tengah yang mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ini terdiri dari 4 Level dengan menerapkan sistem gugur di tiap level. Untuk tahun 2020 ini, ada 2000 an peserta PembaTIK pada level 1, dan ada sekitar 900 an peserta yang lolos di level 2, dan diambil 30 besar terbaik di level 3. Nanti pada akhir kegiatan ini akan dipilih seorang duta Rumah Belajar Nasional yang ditentukan di level 4. Nah, ceritanya tahun ini saya seperti mendapat keberuntungan mendapat kesempatan lolos level 4. Dan inilah sharing pengalaman saya selama mengikuti kegiatan PembaTIK di tiap level.

Langkah pertama untuk mengikuti kegiatan ini adalah dengan mendaftar lewat laman ini : http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id. Kita mengisi beberapa informasi seperti biasa. Arahan alur pendaftaran di laman ini jelas dan mudah diikuti. Apalagi kemudian setelah terdaftar, saya diikutkan di grup PembaTIK Banten di WAG (WA Grup) oleh bu Ai.

Level 1 disebut level literasi. Pada level ini, kita akan diberikan modul untuk dipelajari secara mandiri kemudian diadakan tes di akhir level. Modulnya diunduh lewat tautan di akun kita di laman Simpatik itu. Isi modul terutama berkaitan dengan pengenalan fitur-fitur di Portal Rumah Belajar, pemanfaatan dan penerapan pembelajaran abad 21 dengan Rumah Belajar, serta pengenalan internet dan TIK tingkat dasar. Jika ada yang tidak paham, kita bisa berdiskusi di grup WA  itu. Untuk membantu pendalam materi, beberapa kali juga diadakan Vcon di berbagai media sosial seperti contoh berikut:

Peserta yang mengikuti tes akhir level 1 dan hasilnya mencapai KKM (70) maka akan dinyatakan lolos level 2.  Peserta yang lulus mendapat sertifikat Level Pertama yang dapat kita unduh melalui akun kita di SimpaTIK.

Untuk lebih lanjut cara mengikuti Pembatik ada dibuku saya yang berjudul TETAPLAH BERKARYA DIDUNIA MAYA. Pada buku ini saya juga menjelaskan bagaimana penggunaan kelas maya.







1 komentar: