Bersama guru hebat di Islamic Green School - Ridwan Nurhadi

Breaking

Menulislah setiap hari dan lihatlah apa yang terjadi

Kamis, 13 Agustus 2020

Bersama guru hebat di Islamic Green School



Pandemi memaksa kami para guru mencari cara agar pembelajaran tetap maksimal. Diawali saat pandemi pertama kali menyerang negeri ini dan saya diminta bantuan bu Ita, senior saya yang dulu sama sama mendirikan Bina Insan Mulia untuk membantu proses Ujian Sekolah secara online. Dari sanalah akhirnya saya mendapatkan amanah untuk menjumpai guru-guru langsung setelah wabah berlangsung beberapa bulan selanjutnya.

Mentari yang cerah menyambut kedatangan saya di Islamic Green School pagi itu saya berkesempatan berjumpa kembali dengan ustadz saya  Pak Maman ketua Yayasan Al-Amanah dan juga pengawas dari Kemenag. Wah agak nervous juga nih mengisi training dihadapan pengawas, apalagi beliau ikut juga dalam training tersebut. Setelah sempat di culik bu Ina untuk kongkow dikantor Yayasan akhirnya saya dapat merasakan teh manis hasil racikan guru disana. Minuman favorit saya dipagi hari teh yang berkolaborasi dengan sedikit gula.

Training pagi itu padat, karena saya memberikan tiga materi sekaligus yakni, Manajemen kelas online, Video pembelajaan dan Gamifikasi Pendidikan. Tiga materi yang harus saya sampaikan dengan seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya. Alhamdulillah materi demi materi terselesaikan dengan baik. Materi Classroom langsung praktik membuat kelas dari kelas 1 sampai kelas 6. Saat materi membuat Video pembelajaran, para guru  bergentayangan mencari spot disekitar sekolah yang memang masih asri. Kecuali trio libels yakni Pak Rizal, Pak Rhonzie dan Pak Asep degan gaya santuy kocak banget buat videonya.


Kemudian materi di akhiri dengan Gamifikasi yakni membuat kuis kuis online pembelajaran yang seru sehingga siswa tidakmerasa jengah saat mengerjakan soal. Berhubung waktu jua pada gamifikasi kita hanya sempat mencoba satu aplikasi kuis online saja.

Pukul 3 sore, materi dirampungkan.Berbagi bersama tim dari bu Muthohiroh yang kompak banget memang seru abis. Sayangnya waktu jua saat itu yang memisahkan kita. Semoga next time kita bisa berjumpa kembali ya. Salam sehat dan semangat selalu!.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar